SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING
JENIS LAYANAN : BIMBINGAN KELOMPOK
Nama : Tarakan
Asal Sekolah : ………………….
Kompetensi Dasar : Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
Topik : Makna dan cara belajar yang efektif
Bidang Layanan : Bimbingan Belajar
Jenis Layanan : Bimbingan Kelompok
Fungsi Layanan : Pemahaman dan Pencegahan
Asas Layanan : Keterbukaan dan Kemandirian
Tujuan Layanan : Siswa Mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari pencapaian masa depan yang diharapkan
Hasil yang diharapkan : 1. Memahami pengertian belajar dengan benar sehingga
memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari
sebagai pelajar.
2. Melaksanakan strategi belajar yang efektif demi
pencapaian keberhasilan belajar dan pencapaian masa
Sasaran : Siswa SMA Kelas XI
Kegiatan pendukung : Hasil Belajar Siswa
Waktu / Semester : 1 X 35 menit / 1 ( Ganjil )
Tempat Kegiatan : Ruang Bimbingan dan Konseling
Uraian Materi : Makna dan Cara belajar yang efektif
1. Pengertian belajar
Belajar adalah proses perubahan tingkah laku
Contoh : dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu
2. StrategiBelajar
Di Sekolah : aktif menyimak penjelasan guru waktu menerangkan
Di rumah : belajar mandiri secara teratur sesuai dengan karakteristik masing-masing individu
Uraian Kegiatan :
Persiapan : Konselor menata ruangan dan memeriksa kesiapan alat dan
bahan yang diperlukan untuk kegiatan bimbingan kelompok
Pelaksanaan : 1. Mengucapkan / menjawab salam dan menyambut kedatangan anggota kelompok
2. Mempersilahkan anggota kelompok untuk menenmpati tempat duduk yang telah disediakan
3. Konselor mengecek kehadiran anggota kelompok dilanjutkan dengan doa bersama
4. Konselor memperkenalkan diri diikuti oleh anggota kelompok secara bergantian
5. Konselor menjelaskan maksud dan tujuan bimbingan kelompok
Tahap Peralihan : 1. Konselor menanyakan kesiapan anggota kelompok untuk
mengikuti kegiatan bimbingan
2. Konselor menyampaikan topik yang akan dibahas
3. Konselor memberikan dorongan minimal untuk terbentuknya diskusi di dalam kelompok tersebut
Tahap Kegiatan : 1. Konselor mempersilahkan anggota kelompok untuk
mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian dan cara belajar yang efektif.
2. Konselor memberikan tanggapan terhadap pendapat
yang diuangkapkan oleh anggota kelompok
3. Konselor membantu mengungkapkan mengenai cara
belajar yang efektif
4. Konselor menyampaikan kesimpulan sementara
Tahap Pengakhiran : 1. Konselor bersama anggota kelompok menyimpulkan hasil kegiatan bimbingan.
2. Konselor melakukan refleksi dengan menenkankan pada cara belajar yang efektif.
3. konselor meminta anggota kelompok untuk menyampaikan kesankesannya selama mengikuti kegiatan bimbingan.
4. Konselor dan anggoa kelompok merencanakan kgiatan selanjutnya.
Alat dan Bahan : 1. Alat tulis
2. Daftar Nilai Siswa
Pihak-pihak yang
Diikut sertakan :
Evaluasi hasil : Understanding
Terpahaminya oleh anggota kelompok cara belajar yang efektif untuk mencapai hasil yang diharapkan
Comfort
Anggota kelompok mengungkapkan perasaan atau pengalamannya selama mengikuti kegiatan bimbingan
Action
Siswa mengalami perubahan dan dalam pola dan cara belajar setelah mengikuti kegiatan bimbingan
Evaluasi Proses : 1. Ke dalam : Koerksi / perbaikan kegiatan bimbingan
2. Ke luar : Dengan bimbingan ini anggota kelompok memamami cara belajar yang efektif
Tidak Lanjut : 1. Laiseg : perlu dilaksanakan kembali bimbingan kelompok
2. Laijapen : perlu dianalisis hasil belajar siswa
3. Laijapang: perlu dilaksanakan kunjungan rumah terhadap cara belajar anggota kelompok
tarakan, September2010
Guru Pembimbing
……………………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar