Senin, 09 Januari 2012

Satuan Layanan BK


SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

JENIS LAYANAN : BIMBINGAN KELOMPOK






Nama                           : Tarakan
Asal Sekolah               : ………………….









Kompetensi Dasar       :  Siswa mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar  untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari  pencapaian masa depan yang diharapkan
Topik                           :  Makna dan cara belajar yang efektif
Bidang Layanan          : Bimbingan Belajar
Jenis Layanan              : Bimbingan Kelompok
Fungsi Layanan           : Pemahaman dan Pencegahan
Asas Layanan              : Keterbukaan dan Kemandirian
Tujuan Layanan          :  Siswa Mampu menghayati makna belajar sebagai pelajar                               untuk mencapai keberhasilan belajar yang mendasari                                          pencapaian masa depan yang diharapkan
Hasil yang diharapkan            : 1. Memahami pengertian belajar dengan benar sehingga
      memaknainya dengan tepat dalam kehidupan sehari-hari
      sebagai pelajar.
  2. Melaksanakan strategi belajar yang efektif demi
      pencapaian keberhasilan belajar dan pencapaian masa
      depan yang diharapkan

Sasaran                        : Siswa SMA Kelas XI

Kegiatan pendukung   : Hasil Belajar Siswa

Waktu / Semester        : 1 X 35 menit / 1 ( Ganjil )

Tempat Kegiatan         : Ruang Bimbingan dan Konseling

Uraian Materi              : Makna dan Cara belajar yang efektif
1.      Pengertian belajar
Belajar adalah proses perubahan tingkah laku
Contoh : dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak tahu menjadi tahu
2.      StrategiBelajar
Di Sekolah : aktif menyimak penjelasan guru waktu menerangkan
Di rumah  : belajar mandiri secara teratur sesuai dengan karakteristik masing-masing individu


Uraian Kegiatan          :
Persiapan                     :  Konselor menata ruangan dan memeriksa kesiapan alat dan
   bahan yang diperlukan untuk kegiatan bimbingan kelompok

Pelaksanaan                 : 1. Mengucapkan / menjawab salam dan menyambut kedatangan anggota kelompok
2.   Mempersilahkan anggota kelompok untuk menenmpati tempat duduk yang telah disediakan
3.   Konselor mengecek kehadiran anggota kelompok dilanjutkan dengan doa bersama
4.   Konselor memperkenalkan diri diikuti oleh anggota kelompok secara bergantian
5.   Konselor menjelaskan maksud dan tujuan bimbingan kelompok

Tahap Peralihan           : 1.  Konselor menanyakan kesiapan anggota kelompok untuk   
                                           mengikuti kegiatan bimbingan
2.  Konselor menyampaikan topik yang akan dibahas
3.   Konselor memberikan dorongan minimal untuk terbentuknya diskusi di dalam kelompok tersebut

Tahap Kegiatan           :  1. Konselor mempersilahkan anggota kelompok untuk  
                                           mengungkapkan pendapatnya mengenai pengertian dan                                           cara belajar yang efektif.
                                       2. Konselor memberikan tanggapan terhadap pendapat
                                           yang diuangkapkan oleh anggota kelompok
                                       3. Konselor membantu mengungkapkan mengenai cara
                                           belajar yang efektif
                                       4. Konselor menyampaikan kesimpulan sementara

Tahap Pengakhiran       : 1. Konselor bersama anggota kelompok menyimpulkan        hasil kegiatan bimbingan.
                                         2. Konselor melakukan refleksi dengan menenkankan pada        cara belajar yang efektif.
                                         3. konselor meminta anggota kelompok untuk        menyampaikan kesankesannya selama mengikuti        kegiatan bimbingan.
                                         4. Konselor dan anggoa kelompok merencanakan kgiatan         selanjutnya.

Alat dan Bahan             : 1. Alat tulis
                                        2. Daftar Nilai Siswa

Pihak-pihak yang
Diikut sertakan             :

Evaluasi hasil                : Understanding
                                        Terpahaminya oleh anggota kelompok cara belajar yang   efektif untuk mencapai hasil yang diharapkan
                                       Comfort
                                        Anggota kelompok mengungkapkan perasaan atau   pengalamannya selama mengikuti kegiatan bimbingan
                                      Action
                                        Siswa mengalami perubahan dan dalam pola dan cara   belajar setelah mengikuti kegiatan bimbingan

Evaluasi Proses             : 1. Ke dalam  : Koerksi / perbaikan kegiatan bimbingan
                                        2. Ke luar      : Dengan bimbingan ini anggota kelompok        memamami cara belajar yang efektif

Tidak Lanjut                 : 1. Laiseg      : perlu dilaksanakan kembali bimbingan                           kelompok
                                        2. Laijapen  : perlu dianalisis hasil belajar siswa
                                        3. Laijapang: perlu dilaksanakan kunjungan rumah                            terhadap cara belajar anggota kelompok


                                   
                                                                        tarakan,     September2010
                                                                        Guru Pembimbing


                                                                        ……………………………

Tidak ada komentar:

Posting Komentar